Wednesday 16 September 2015

Bagian Struktur Gunungapi

Gunungapi adalah bukit atau gunung yang mempunyai kepundan sebagai tempat keluarnya magma atau gas keluar dari bumi. Definisi lain mengenai gunung api adalah sistem aliran fluida panas yang memanjang dari kedalaman 10 km dibawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi. Indonesia memiliki 129 gunungapi aktif yang tersebar dari Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, kepulauan banda, Halmahera dan kepulauan Sangir. Keberadaan gunung api tersebut sebagai sumber daya alam yang dapat di manfaatkan oleh masyarakat untuk energi panas bumi, pariwisata dan pertanian. Sebaran gunungapi di Indonesia terbagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok sunda, Sulawesi-Sangihe dan kelompok almahera. Kelompok sunda terdiri dari pulau Weh-Sumatra-Jawa-Bali-Sumbawa-Flores. Kelompok Sulawesi-Sangihe tersebar dari teluk Tomini, Sulawesi utara sampai dengan kepulauan Sangihe. kelompok Halmahera tersebar di beberapa pulau Halmahera bagian barat dan bagian utara.
Struktur gunungapi sebagai berikut :

Magma : cairan silikat pijar bersuhu 900 derajat – 1400 derajat celsius. Yang terdapat dibawah gunung api.
Kawah Utama memiliki diameter kurang dari atau sama dengan 2 km yang terletak di puncak gunung akibat dari erupsi di pusat.
Pipa Kawah : suatu lubang atau rekahan yang merupakan bidang lemah pada kerak bumi. Tempat magma menerobos ke permukaan atau terjadinya erupsi.
Kawah Samping : lubang dengan diameter kurang dari atau sama dengan 2 Km yang terletak di bagian lereng gunungapi.
Kerucut parasit : kerucut yang terbentuk dari akumulasi material hasil erupsi di luar kawah utama yang terletak di bagian tubuh gunungapi dengan ukuran lebih kecil dari kerucut utama gunungapi.
Lelehan lava: lava yang mengalir dilubang kawah sebagai akibat magma yang keluar kepermukaan secara efusi. Letusan efusi adalah batuan cair atau magma yang naik dari bawah permukaan bumi dan mengalir di permukaan bumi yang disebut lava

0 comments:

Post a Comment