Saturday 12 September 2015

Koleksi Batuan Beku di Museum Geologi

Setelah postingan sebelumnya mengenai koleksi batugamping dimuseum geologi. Saat ini saya akan mencoba memberikan contoh beberapa batuan beku yang ada di museum geologi. Batuan beku atau igneous rock terbentuk dari hasil pembekuan magma yang berbentuk cair dan panas. Magma tersebut mendingin dan mengeras di dalam atau diatas permukaan bumi. Berikut ini merupakan beberapa contoh batuan beku :

  • Basalt Skoria

Basalt Skoria merupakan batuan beku dengan memiliki ciri warna abu-abu kehitaman. batuan ini disusun seluruhnya oleh mineral gelas. struktur skoria berupa struktur yang berpori dan tidak teratur dalam massa dasar gelas.
Basalt Skoria

  • Diabas

Batuan Diabas merupakan jenis batuan beku yang terbentuk akibat tumbukan antara lempeng benua dengan lempeng samudra. Komposisi batuan diabase merupakan batuan beku basa yang mengandung miskin silica (45 - 52%). ciri batuan diabas mengkilap seperti pecahan kaca kecil, memiliki warna hitam, putih coklat dan abu abu. Tekstur batuan ini seperti pasir-pasir halus.
Diabas

  • Diorit

Terbentuk dari hasil peleburan lantai samudra pada suatu zona subduksi Diorit merupakan batuan beku intrusi yang memiliki warna coklat, coklat kehitaman dan abu-abu dengan bercak hitam. Tekstur batuan ini adalah feneris yang mineralnya berbutir kasar hingga sedang.Dioterit termasuk kedalam batuan yang kaya dengan kwarsa(SIO2) batuan ini terdiri dari kurang lebih 65% plagioklas dan 35% mineral silikat gelap seperti biotit dan augit.
Diorit

  • Lava Basalt

Lava basalt merupakan batuan beku yang terbentuk dari pendinginan magma di permukaan atau dekat permukaan. Batuan jenis ini memiliki ciri massive berwarna gelap dan memiliki kristal-kristal kecil
Lava Basalt

  • Gabro

Gabro memiliki wana yang gelap, warna yang gelap ini merupakan ciri dari batuan yang memiliki kandungan mineral silika yang rendah dan bersifat basa. struktur batuan ini adalah massive tidak terdapat rongga atau lubang udara. Mineral pada batuan ini dapat terlihat oleh kasat mata. Komposisi mineral Olivin, Piroksin, dan Amfibol.
Gabro


  • Peridotit 

Peridotit adalah batuan plutonik, yang terjadi dari hasil pembekuan magma berkomposisi ultra basa pada kedalaman tertentu dari permukaan bumi. Mineral pembentuk batuannya adalah : mineral mafis (olivin, piroksen, hornblenda) 85-95 %, mineral bijih (magnetit, ilmenit,kromit dll) 10-3 %, plagioklas kalsium 5 %.
Peridotit

  • Batu Apung


Batu apung (pumice) adalah jenis batuan yang berwarna terang, mengandung buih yang terbuat dari gelembung berdinding gelas. Batuan ini terbentuk dari magma asam oleh aksi letusan gunungapi yang mengeluarkan materialnya ke udara, kemudian mengalami transportasi secara horizontal dan terakumulasi sebagai batuan piroklastik mineral-mineral yang terdapat dalam batu apung adalah feldspar, kuarsa, obsidian, kristobalit, dan tridimit.
Batu Apung

  • Granit

Granit merupakan salah satu batuan beku, yang bertekstur granitik dan struktur holokristalin, serta mempunyai komposisi kimia ±70% SiO2 dan ±15% Al2O3, sedangkan mineral lainnya terdapat dalam jumlah kecil, seperti biotit, muskovit, hornblende, dan piroksen. Umumnya granit berwarna putih keabuan, Sebagai batu hias warna granit lainnya.
Granit
Sumber :
http://melylambardo.blogspot.co.id/2013/06/laporan-minpet.html
http://petrolab-upn.tripod.com/Diorit.htm
www.wilkipedia.com
http://materi-forever.blogspot.co.id/2014/01/jenis-batuan-batuan-beku-sedimen-dan.html
https://geologismuda.wordpress.com/2013/01/06/batuan-beku-basa-dan-ultra-basa/
http://www.tekmira.esdm.go.id/
Intan.D.W. Batuan Diabase
P.Aprilia F. 2013. Praktikum Petrologi









4 comments:

  1. Bagus mas tulisannya.
    Saya mau mengklarifikasi mas, bukan kah diorit itu sifatnya sudah intermediet ya? Bukan asam lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas adniwan Zaki atas masukannya.. berdasarkan literatur yang saya baca diorit termasuk kedalam batuan asam (felsik).. Tapi nanti saya baca refrensi yang lainya mas. terima kasih atas koreksinya

      Delete
    2. mungkin ini bisa membantu mas defi http://geophysics.ou.edu/geol1114/notes/igneous/FG03_07_min_comp.jpg

      Delete
    3. Terimakasih mas atas koreksinya ternyata bener diorit termasuk kedalam intermediet.. akan saya perbaiki artikelnya

      Delete