Monday 23 February 2015

Gelombang P dan Gelombang S

Berdasarkan medium perambatanya gelombang terbagi menjadi dua yaitu gelombang badan dan gelombang permukaan. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan secara singkat mengenai gelombang badan atau body wave. Gelombang badan merupakan gelombang yang arah perambatanya keseluruh bagian dalam bumi. Berdasarkan arah perambatanya gelombang badan terbagi menjadi dua yaitu gelombang kompresi yang biasa disebut dengan gelombang P dan gelombang geser atau gelombang S. Gelombang P merupakan gelombang yang bergerak searah dengan arah rambatnya (longitudinal). Gelombang P dapat merambat disemua medium cair dan padat. Gelombang S merupakan serangkaian gerak partikel dibawah permukaan dengan arah geraknya tegak lurus dengan arah penjalaran gelombang. Gelombang S tidak dapat melewati medium fluida karena medium tersebut memiliki elastis yang kecil sehingga dalam waktu singkat akan berubah dalam bentuk semua. berikut ini merupakan ilustrasi dari gelombang S.

Gelombang P dan Gelombang S
Gelombang P dan Gelombang S
Dalam eksplorasi minyak dan gas bumi kegunaan kedua gelombang tersebut sangat penting. Perkalian antara gelombang P dan densitas batuan dapat menghasilkan impedansi akustik. Impedansi akustik ini merupakan parameter fisika yang digunakan untuk menentukan litologi batuan. Jika melewati batuan yang terisi oleh fluida kecepatan gelombang akan menurun. Dengan melihat respon kurva dari kecepatan gelombang P ini maka dapat mengethui daerah mana saja yang terisi oleh fluida. Selain gelombang P, eksplorasi minyak dan gas bumi juga menggunakan gelombang S. Karena sifat dari gelombang S ini tidak terpengaruh oleh kehadiran fluida maka rasio antara Vp/Vs sangat baik digunakan untuk indikasi keberadaan hidrokarbon terutama gas.
Kegunaan dari gelombang P dan gelombang S yang lain adalah adalah untuk menghitung sifat fisika batuan seperti inkompresibilitas batuan, rigiditas batuan, poisson rasio dan modulus young. Pada saat akuisisi dilapangan ada beberapa perusahaan tidak melakukan pengukuran secara langsung gelombang S. Namun, kecepatan gelombang S dapat diprediksi dari kecepatan gelombang P dengan menggunakan beberapa persamaan diantaranya : persamaan Castagna, metode Gasmann,Metode Lee, metode Xu-White.
Secara matematis Gelombang P dan Gelombang S dapat diturunkan dari sifat elastis batuan. berikut ini merupakan Penurunan kecepatan gelombang P dan gelombang S yang diambil dari buku Yilmaz (penurunan Vp dan Vs)

0 comments:

Post a Comment