Friday 10 January 2014

Pengolahan Data Geolistrik Konfigurasi Schlumberger

Geolistrik merupakan salah satu meode geofisika. Metode ini menggunakan sifat kelistrikan dari bumi untuk memperkirakan litologi batuan didalamnya. Metode geolistrik sering digunakan untuk identifikasi air tanah, bidang gelincir, mineral logam, panas bumi dan geoteknik. Survey geolistrik terbagi menjadi dua yaitu survei mapping dan sounding. Mapping merupakan survei untuk mengetahui sebaran secara lateral. Konfigurasi yang sering digunakan pada survei ini yaitu dipole-dipole, wenner dan wenner schlumberger. Survei soundig merupakan survai yang ingin mengetahui litologi batuan secara vertikal. Survey ini biasanya digunakan untuk identifikasi keberadaan air tanah. Konfigurasi yang digunakan ialah schlumberger.

Software ip2win merupakan salah satu software yang digunakan untuk mengolah data 1D. software ini cocok digunakan untuk mengolah data schlumberger. Selain IP2win software yang lain ialah progress. Alur pengolahan data schlumberger menggunakan IP2win sebagai berikut :

Buka IP2win klik new kemudian  masukan nilai AB/2 dan MN. Data yang diperoleh dari lapangan ialah AB/2, MN/2 dan rho karena IP2win meminta masukan MN maka nilai MN/2 dilapangan dikalikan 2
semua data dimasukan kemudian save text untuk backup data dan klik oke
Langkah ke 2 ialah memilih konfigurasi MN yang digunakan karena menggunakan MN/2 maka gunakan nilai MN 2. Kurva warna hitam merupakan data lapangan sedangkan kurva warna biru merupakan kurva marge atau penyatuan. Kemudian klik oke
Langkah ketiga Menentukan nilai rho dan ketebalan masing masing layer. Gambar dibawah ini merupakan tampilan pengolahan data lapanagn dengan kurva pendekatan secara komputasi. Gariswarna biru merupakan nilai rho dari komputasi, kurva warna merah merupakan kurva sintesis dan warna hitam merupakan data lapangan. Kolom sebelah kanan merupakan nilai rho (), ketebalan (h) dan kedalaman (d) dan (alt) kedalaman namun nilainya negatif. Langkah ini merupakan langkah yang penting dalam menentukan ketebalan dan nilai rho. Jika pengeolahan dilakuakn dengan baik maka akan menghasilkan nilai error yang kecil.

IP2win menyediakan ikon untuk menghitung lapisan batuan secara otomatis dengan meng klik ikon berwarna hijau seperti panah. Setelah diperoleh nilai error yang kecil kemudian klik inversion dan save.
Langkah selanjunya menampilkan penampang dua dimensi. Langkah ini memerlukan data VES (satu dimensi) lebih dari satu. Caranya klik file- add file-pilih data ves yang digunakan-open save.
Gambar dibawah merupakan hasil dari penggabungan dua profil cross section. Warna pada gamabr tersebut menunjukan nilai rho, sumbu verikan menunjukan nilai kedalaman dan sumbu horizontal menunjukan nilai jarak antar titik. Untuk melihat profil pseudo-section maka pilih section-pseudo  section. Jika ingin menampilkan cross section dan pseudo section maka pilih both section.
Selanjutnya mengatur nilai kedalaman, skala warna rho, dan kedalaman maksimum maka klik section-option. Akan muncul section option untuk mengatur skala dan kedalaman.
Skala warna dan kedalaman dapat diubah sesuai dengan kembutuhan. Disusahakan menggunakan warna yang menarik perhatian. Setelah itu kemudian klik oke maka skala warna rho akan berubah


Jika anda ingin download data geologi dan geofisika termasuk data VES silahkan klik disini





5 comments:

  1. […] schlumberger 1D dari IP2WIN menjadi 2D dan 3D. Pada beberapa waktu yang lalu telah dijelaskan Pengolahan Data Geolistrik Konfigurasi Schlumberger Menggunakan IP2win. Saat ini akan dijelaskan bagaimana membuat profil atau cross section dari hasil pengolahan IP2win […]

    ReplyDelete
  2. Data geolistrik bisa mendeteksi mn gk

    ReplyDelete
  3. Data geolistrik bisa mendeteksi mn gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Metode geolistrik bisa digunakan ntuk eksplorasi mineral seperti mangan.. namun survey yang digunakan ialah survey 2d.

      Delete
    2. Geolistrik sangat susah untuk menentukan Mangan, lebih baik lngsung coring aja. Soalnya anomalinya tidak akan terbaca di penampang, adanya nodule - nodule gak jelas, dan itu sangat rancu. CMIIW

      Delete